4.
Sequence Diagram
Sequence diagram menjelaskan
interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu. Secara mudahnya sequence
diagram adalah gambaran tahap demi tahap yang seharusnya dilakukan untuk
menghasilkan sesuatu sesuai dengan use case diagram. Bersifat dinamis. Diagram
urutan adalah interaksi yang menekankan pada pengiriman pesan (message) dalam
suatu waktu tertentu. Sequence diagram menekankan penyusunan berbasis waktu
untuk kegiatan yang dilakukan dengan satu set dari objek yang berkolaborasi.
Sequence diagram sangat berguna dalam membantu analis, memahami spesifikasi
real-time dan menggunakan kasus yang rumit (lihat di bawah). Diagram ini dapat
diguanakan untuk mendeskripsikan baik secara fisik dan logis interaksi antara
objek.
Simbol :
|
No
|
Symbol
|
Deskripsi
|
|
1
|
Aktor
nama actor
atau
tanpa waktu
aktif
|
Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem
informasi yang akan dibuat di luar sistem informasi yang akan dibuat itu
sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor
belum tentu merupakan orang; biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di
awal frase nama aktor.
|
|
2
|
Garis hidup / Lifeline
|
Menyatakan kehidupan suatu objek.
|
|
3
|
Objek
|
Menyatakan objek yang berinteraksi pesan.
|
|
4
|
Waktu aktif
|
Menyatakan objek dalam keadaan aktif dan berinteraksi, semua yang
terhubung dengan waktu aktif ini adalah sebuah tahapan yang dilakukan di
dalamnya.
|
|
5
|
Pesan tipe create
|
Menyatakan suatu objek membuat objek lain, arah panah mengarah pada
objek yang dibuat.
|
|
6
|
Pesan tipe call
|
Menyatakan suatu objek memanggil operasi / metode yang ada pada objek
lain atau dirinya sendiri.
|
|
7
|
Pesan type send
|
Menyatakan bahwa suatu objek mengirimkan data / masukan / informasi ke
objek lainnya, arah panah mengarah pada objek yang dikirimi.
|
|
8
|
Pesan type return
|
Menyatakan bahwa suatu objek yang telah menjalankan suatu operasi atau
metode menghasilkan suatu kembalian ke objek tertentu, arah panah mengarah
pada objek yang menerima kembalian.
|
|
9
|
Pesan type destroy
|
Menyatakan suatu objek mengakhiri hidup objek lain, arah panah
mengarah pada objek yang diakhiri,sebaiknya jika ada create maka ada destroy.
|
Contoh:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar